SOAL PROPOGANDA RUSIA

Teguh Santosa: Respons Rusia Hanya Senyum

Politik  SABTU, 09 FEBRUARI 2019 , 17:28:00 WIB

Teguh Santosa: Respons Rusia Hanya Senyum

Pakar politik internasional Teguh Santosa (jas hitam/RMOL)

RMOL. Pernyataan Presiden Joko Widodo terkait ada tim sukses yang menggunakan "propaganda Rusia" hanya memiliki dampak elektoral. Dampak lain misalnya hubungan bilateral, sepertinya tidak ada karena Rusia tidak menanggapi serius pernyataan tersebut.

Demikian disampaikan pakar politik internasional Teguh Santosa dalam diskusi publik bertajuk "Hoax Propaganda Rusia: Kualitas Politik Internasional Indonesia Hari Ini di Mata Dunia" di Tebet Barat Dalam IV, Jakarta, Sabtu (9/2).

"Dunia internasional sedang memotret kita bukan tentang benar atau salah. Tetapi persoalan kita dalam mengambil kebijakan luar negeri yang substansial," ujar Teguh yang juga wartawan senior ini.

Selang beberapa hari Presiden Jokowi megeluarkan statement itu, Teguh sempat melakukan interaksi dengan Dutabesar Federasi Rusia Lyudmila Georgievna Vorobieva. Namun, respons yang didapat hanya senyum.

"Saya bertemu ibu Dubes Rusia beberapa hari lalu, dia tertawa, dan saya tanya gimana soal propaganda Rusia, mereka tertawa, ya nggak perlu dijelaskan lagi bahwa tertawa miris. Tentu tidak ada tindakan yang lebih dari sekedar twitnya itu," tutur Teguh.


Komentar Pembaca
Trauma Healing Garudafood Untuk Korban Tsunami Selat Sunda
Pantau Persiapan Natal Nasional

Pantau Persiapan Natal Nasional

RABU, 26 DESEMBER 2018 , 10:31:00

Evakuasi Taft Tenggelam

Evakuasi Taft Tenggelam

JUM'AT, 18 JANUARI 2019 , 20:36:00



The ads will close in 10 Seconds