>

KPPU Awasi Merger Garuda Dan Sriwijaya Air

Ekonomi  KAMIS, 07 MARET 2019 , 09:49:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

KPPU Awasi Merger Garuda Dan Sriwijaya Air

Foto/RMOLSumut

RMOLSumut. Merger dua maskapai penerbangan dinilai sangat berpotensi memicu persaingan tidak sehat pada transportasi udara di Indonesia. Hal ini disampaikan Komisioner Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Guntur Syahputra Saragih terkait temuan mereka atas penempatan direktur Garuda di Sriwijaya Air.

"KPPU saat ini tengah melakukan pengawasan terhadap maskapai berencana menggabungkan dua perusahaan menjadi satu atau merger‎. Kita temukan kerjasama operasional. Garuda menempatkan direktur di Sriwijaya. Berpotensi persaingan tidak sehat," katanya, Rabu (6/3/2019).

Guntur mengungkapkan KPPU baru menemukan Garuda Indonesia dengan Sriwijaya Air‎. Tidak tutup kemungkinan, akan terjadi hal serupa dengan perusahaan penerbangan yang lainnya beroperasi di tanah air ini.

"Kita akan memberikan penilaian terhadap merger beberapa maskapai penerbangan ini. Dengan beberapa pelaku usaha ini," tutur Guntur.

Selain itu, Guntur mengungkapkan KPPU juga terus melakukan penyelidikan terhadap dugaan kartel terhadap kenaikan ‎harga tiket pesawat domestik. Kemudian, cargor dan avtur masih dalam penelitian untuk dilakukan tindaklanjuti klarifikasi.


Komentar Pembaca
Rachmawati Soekarnoputri Rangkul Golkar Dan PPP
Youth Enterpreneur Summit 2019

Youth Enterpreneur Summit 2019

SENIN, 08 APRIL 2019 , 11:26:00

PWI Sumut Apresiasi Asian Agri

PWI Sumut Apresiasi Asian Agri

KAMIS, 09 MEI 2019 , 18:24:00



The ads will close in 10 Seconds