>

Soal Listrik Energi Terbarukan, Asing Tak Pantas Intervensi Indonesia

Peristiwa  KAMIS, 07 MARET 2019 , 20:02:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Soal Listrik Energi Terbarukan, Asing Tak Pantas Intervensi Indonesia

Demo PLTA Batangtoru/RMOLSumut

RMOLSumut. Desakan yang terus dilakukan oleh sejumlah pihak asing untuk menyetop pembangunan pembangkit listrik energi bersih, PLTA Batangtoru di Sumatera Utara, dinilai sangat tidak pantas. Apalagi, mereka yang mendesak selalu menerapkan standard ganda dalam pengelolaan lingkungan hidup.

"Ini adalah intervensi yang tidak pantas dilakukan terhadap pemerintah Indonesia," kata Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) yang mewakili unsur pemerhati lingkungan hidup Sonny Keraf dalam pernyataannya yang diterima, Kamis (7/3/2019).
Menteri Lingkungan Hidup periode 1999-2001 itu menanggapi adanya desakan kepada pemerintah Indonesia dari LSM Internasional yang didukung mantan Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk menghentikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batangtoru. Desakan disampaikan melalui surat kepada Presiden Joko Widodo.
Sonny menegaskan, desakan tersebut sangat ironis dan tidak masuk akal. Pasalnya, pembangunan PLTA tersebut adalah bagian dari realisasi komitmen pemerintah Indonesia atas Persetujuan Paris dalam rangka mitigasi pemanasan global dan perubahan iklim.

Berdasarkan Persetujuan Paris, Indonesia berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebanyak 29% pada tahun 2030. Sementara AS sudah menyatakan mundur dari traktat tersebut.

Menurut Sonny, intervensi terhadap pemerintah Indonesia terasa ironis karena AS selalu menggunakan standard  ganda dalam pengelolaan lingkungan hidup. Meski demikian, tidak pernah ada negara dan politisi dari negara lain yang mengintervensi AS ketika mengambil kebijakan yang abai terhadap lingkungan hidup.


Komentar Pembaca
Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

SABTU, 01 JUNI 2019 , 19:43:00

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

SABTU, 25 MEI 2019 , 22:41:00

Sidak Kantor Samsat

Sidak Kantor Samsat

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:19:00



The ads will close in 10 Seconds