>

Warga Terdampak Pembangunan Bendungan Lau Simeme Datangi DPRD Sumut

Peristiwa  SENIN, 11 MARET 2019 , 11:38:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Warga Terdampak Pembangunan Bendungan Lau Simeme Datangi DPRD Sumut

Foto/RMOLSumut

RMOLSumut. Ratusan warga dari 5 desa di Kecamatan Biru-Biru, Kabupaten Deli Serdang mendatangi DPRD Sumatera Utara, Senin (11/3/2019). Mereka datang untuk mempertanyakan nasib desa mereka atas pembangunan proyek Bendungan Lau Simeme yang membuat desa mereka terancam tenggelam. Lima desa tersebut yakni Desa Kuala Dekah, Mardinding Julu, Penen, Rumah Gerat dan Sari Laba Jaya.

Simbul Ginting selaku Ketua Arih Ersada Kecamatan Biru-Biru mengatakan kedatangan mereka untuk meminta kejelasan mengenai nasib mereka yang hingga saat ini belum mendapatkan informasi yang jelas atas pembangunan bendungan tersebut. Padahal, pada satu sisi masyarakat disana merupakan pihak yang akan terdampak akibat proyek tersebut.

"Kami hingga saat ini belum pernah diberikan informasi mengenai persoalan tanah kami yang masuk dalam proyek pembangunan bendungan tersebut," katanya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digelar di Ruang Rapat Komisi A DPRD Sumatera Utara.

Simbul menjelaskan, tahun 2018 lalu pihaknya sudah menggelar pertemuan dengan unsur pemerintah dan pihak-pihak terkait dalam pembangunan proyek bendungan tersebut. Dalam pertemuan tersebut dibuat notulen mengenai sikap masyarakat dan disepakati bersama. Notulen tersebut diantaranya menyatakan bahwa masyarakat di Kecamatan Biru-Biru tidak menolak proyek-proyek strategis nasional.

"Namun kami keberatan jika proyek tersebut dilanjutkan sebelum proses ganti rugi lahan kami belum dilakukan sesuai prosedur," ujarnya.


Komentar Pembaca
Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

SABTU, 01 JUNI 2019 , 19:43:00

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

SABTU, 25 MEI 2019 , 22:41:00

Sidak Kantor Samsat

Sidak Kantor Samsat

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:19:00



The ads will close in 10 Seconds