>

Walhi Sumut Resmi Ajukan Banding Soal PLTA Batangtoru

Peristiwa  RABU, 13 MARET 2019 , 11:57:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Walhi Sumut Resmi Ajukan Banding Soal PLTA Batangtoru

Foto/RMOLSumut

RMOLSumut. Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sumatera Utara resmi mengajukan banding atas ditolaknya gugatan mereka terhadap SK Gubernur nomor 660/50/DPMPPTSP/5/IV.1/I/2017 oleh Hakim PTUN Medan. Hal ini ditandai dengan pendaftaran memori banding yang dilakukan oleh tim kuasa hukum Walhi Sumatera Utara ke PTUN Medan.

Koordinator tim kuasa hukum Walhi Sumut, Golfrid Siregar mengatakan banding ini mereka ajukan karena menilai putusan hakim PTUN Medan muncul tanpa mempertimbangkan seluruh bukti yang mereka ajukan dalam gugatan. Beberapa bukti yang menguatkan gugatan tersebut antara lain tidak masuknya keterangan warga dari Batangtoru selaku pihak yang terdampak dari proyek tersebut dalam pertimbangan hakim dalam memutus perkara.

"Padahal warga yang kami hadirkan adalah mereka yang terdampak langsung dengan objek gugatan, namun ternyata menurut hakim itu tidak relevan. Makanya itu masuk dalam memori banding kita," katanya, Rabu (13/3/2019).

Selain itu menurut Golfrid, kesaksian dari saksi ahli Onrizal yang mereka hadirkan juga ternyata tidak menjadi pertimbangan dari majelis hakim dalam memutus perkara tersebut. Padahal Onrizal dalam persidangan sudah menyatakan bahwa ia tidak terlibat dalam penyusunan AMDAL 2016 yang menjadi dasar keluarnya SK Gubernur tahun 2017 tersebut.

"Nah dibawah sumpah pak Onrizal sudah dimintai keterangan soal dugaan pemalsuan tandatangannya. Namun kenapa itu tidak menjadi pertimbangan hakim itu juga perlu ditinjau kembali," ujarnya.


Komentar Pembaca
Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

SABTU, 01 JUNI 2019 , 19:43:00

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

SABTU, 25 MEI 2019 , 22:41:00

PWI Sumut Apresiasi Asian Agri

PWI Sumut Apresiasi Asian Agri

KAMIS, 09 MEI 2019 , 18:24:00



The ads will close in 10 Seconds