>

Rakyat Yang Diwakili Sangat Banyak, Kewenangan DPD RI Harusnya Tidak Dianaktirikan

Politik  SABTU, 23 MARET 2019 , 17:19:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Rakyat Yang Diwakili Sangat Banyak, Kewenangan DPD RI Harusnya Tidak Dianaktirikan

Foto/RMOLSumut

RMOLSumut. Kerumitan yang dialami oleh para calon anggota DPD RI untuk duduk menjadi wakil rakyat seharusnya direspon dengan memberikan kewenangan yang sama dengan kalangan anggota DPR RI. Hal ini mengemuka dalam diskusi 'Peran Dewan Perwakilan Daerah Dalam Pemerataan Pembangunan Infrastruktur di Sumatera Utara' yang digelar oleh Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Sumut di Amora Cafe, Komplek J City, Medan.

Direktur JaDI Sumut, Nazir Salim Manik mengatakan bahkan dalam beberapa kasus pada saat pemilu, justru kerumitan yabg dialami oleh calon DPD jauh lebih besar terkait suara dukungan yang mereka harus miliki untuk duduk menjadi anggota DPD RI.

"Rata-rata anggota DPD RI yang duduk dari Sumatera Utara itu mewakili 365 ribu suara. Bagaimana pula kewenangannya bisa 'dianaktirikan' dalam berbagai kebijakan khususnya penganggaran. Ini aneh namanya," ujarnya, Sabtu (23/3/2019).

Mantan anggota KPU Sumut ini mengaku sangat paham mengenai besarnya harapan dari masyarakat kepada seorang anggota DPD. Hal ini terlihat dari jumlah suara yang mendukung mereka untuk menjadi wakil menyuarakan aspirasi. Bahkan dalam beberapa kasus jika disandingkan dengan anggota DPR RI yang lolos dari Sumut perolehan suaranya sangat jauh dibawah jumlah suara dukungan untuk DPD RI.

"Padahal menurut saya anggota DPD inilah pihak yang benar-benar menjadi wakil masyarakat karena tidak mewakili kepentingan partai politik. Melainkan kepentingan daerah. Dan kewenangannya ini diatur dalam undang-undang," sebutnya.


Komentar Pembaca
Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

SABTU, 01 JUNI 2019 , 19:43:00

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

SABTU, 25 MEI 2019 , 22:41:00

Sidak Kantor Samsat

Sidak Kantor Samsat

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:19:00



The ads will close in 10 Seconds