Gugatan Walhi Kandas, Praktisi Hukum: Rakyat Susah Jika Dihadapkan Dengan Penguasa

Hukum  KAMIS, 28 MARET 2019 , 15:34:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Gugatan Walhi Kandas, Praktisi Hukum: Rakyat Susah Jika Dihadapkan Dengan Penguasa

Foto/RMOLSumut

RMOLSumut. Praktisi hukum di Kota Medan, DR Adi Mansar mengatakan saat ini rakyat sedang dihadapkan dengan berbagai kesulitan saat berhadapan hukum dengan penguasa. Hal ini disampaikannya dalam 'Eksaminasi Putusan Nomor 110/LH/2018/TUN-MDN' yang digelar Walhi Sumut dengan melibatkan kalangan akademisi dan mahasiswa di Kampus Fakultas Hukum UMSU, Medan, Kamis (28/3/2019).

"Sulit bagi rakyat ketika berhadapan dengan penguasa dan pengusaha, ketika mereka berkolaborasi maka keputusan itu sesuai kehendak mereka bukan kehendak hukum," katanya.

Adi Mansar menjelaskan hal ini juga terindikasi muncul dalam kasus gugatan terhadap SK Gubernur Nomor 660/50/DPMPPTSP/5/IV.1/I/2017 tertanggal 31 Januari 2017 tentang pemberian izin lingkungan kepada PT. North Sumatera Hydro Energy (NSHE) untuk membangun PLTA Batang Toru yang memiliki kepadatan keanekragaman hayati di lokasi pengerjaan proyek. Dalam hal ini menurutnya keputusan yang diambil oleh PTUN Medan belum memperlihatkan adanya pertimbangan yang detail mengenai dalil gugatan yang diajukan oleh Walhi Sumut.

"SK perizinan itu dalam konsideratnya memasukkan beberapa peraturan perundang-undangan. Kalau itu aturan perundang-undangna itu dimasukkan, kenapa kemudian tidak semua peraturan perundang-undangan dijadikan sebagai 'pisau bedah' oleh majelis untuk membenarkan terbitnya objek sengketa. Majelis hakim tidak membuat pertimbangan ini sesuai ketentuan sebuah putusan," ujarnya.

Atas kondisi ini menurut Adi Mansar, Walhi Sumut harus kembali memasukkan bukti baru dan saksi baru dalam pengajuan banding. Karena pada dasarnya menurutnya, putusan tanpa mempertimbangkan seluruh pertimbangan hukum yang diajukan harusnya dapat menjadi hal yang akan menganulir keputusan oleh hakim tinggi.


Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Prabowo Diantara Megawati dan Puan

Prabowo Diantara Megawati dan Puan

RABU, 24 JULI 2019 , 15:31:00

Pelantikan Siswa SMAN 1 Plus Matauli

Pelantikan Siswa SMAN 1 Plus Matauli

RABU, 24 JULI 2019 , 17:41:00

Bintang Kejora Dijahit Belanda

Bintang Kejora Dijahit Belanda

SENIN, 02 SEPTEMBER 2019 , 09:02:00