RI Bisa Jadi Pelopor Kaum Milenial Gaungkan Perdamaian Global

Politik  MINGGU, 28 APRIL 2019 , 16:35:00 WIB

RI Bisa Jadi Pelopor Kaum Milenial Gaungkan Perdamaian Global

Iwan Gardono Sujatmiko/Humas BNPT

. Mengingat karakter dunia maya yang tak terbatas (borderless), maka gerakan kaum milenial peduli perdamaian melalui dunia maya harus menjadi gerakan global.

Generasi milenial atau duta-duta damai di dunia maya baik pada level nasional, regional hingga global dibutuhkan untuk berkolaborasi menebarkan pesan-pesan perdamaian.

Hal ini agar para generasi muda tidak mudah dipengaruhi hal-hal negatif seperti propaganda radikal terorisme maupun ujaran kebencian yang disebarkan melalui dunia maya.

Namun untuk mewujudkan hal tersebut tentunya semua pihak baik dari institusi pemerintah dan kalangan swasta harus mau turut serta berperan aktif dengan melibatkan para generasi muda dengan memberikan pelatihan dalam menyebarkan konten-konten perdamaian melalui dunia maya.

"Pelatihan-pelatihan seperti yang dilakukan BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) terhadap para generasi muda untuk menciptakan perdamaian dalam menangkal ujaran kebencian, kekerasan, intoleransi ini sangat penting. Tidak harus dilakukan BNPT saja, kementerian lain yang terkait dengan pendidikan tehadap generasi muda seperti Kemendikbud, Kemenristek Dikti, Kemenkominfo, Kemenpora harus mau memberikan pelatihan kepada generasi muda untuk mau peduli dalam menyebarkan masalah perdamaian melalui dunia maya," ujar Gurubesar Sosiologi Politik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Indonesia (UI), Iwan Gardono Sujatmiko di Jakarta.


Komentar Pembaca
Bintang Kejora Dijahit Belanda

Bintang Kejora Dijahit Belanda

SENIN, 02 SEPTEMBER 2019 , 09:02:00

Bobby Nasution Dan Sutrisno Pangaribuan

Bobby Nasution Dan Sutrisno Pangaribuan

MINGGU, 28 JULI 2019 , 15:14:00

Turun Jumpai Buruh

Turun Jumpai Buruh

RABU, 28 AGUSTUS 2019 , 09:31:00