>

Zakat Dan Pemanfaatannya (Bagian I)

Oleh: AR Piliang

OPINI  JUM'AT, 03 MEI 2019 , 10:51:00 WIB

Zakat Dan Pemanfaatannya (Bagian I)

Zakat

إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاء وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي سَبِيلِ اللّهِ وَابْنِ السَّبِيلِ فَرِيضَةً مِّنَ اللّهِ وَاللّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ (التوبة: ٦٠)
Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu'allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana (QS. 9:60)

Zakat merupakan salah satu bentuk shadaqah/pemberian perhatian kepada sesama manusia yang berwujud barang/benda. yang tata laksana pemberiannya diatur dengan aturan tertentu yang telah ditetapkan oleh Allah dan RasulNya.

Zakat berasal dari kata zaka” yang memiliki makna antara lain:

1. Berkah (al-barakah)
Zakat dapat diartikan sebagai berkah. yakni bila harta milik kita bila dikeluarkan dam bentuk zakat, ianya akan menjadikan harta yang dimiliki seseorang tidak saja akan men-jadi rahmat dan kesenangan baginya, akan tetapi juga alan memberikan berkah (yang ni-lainya lebih tinggi dan lebih luas dari sekadar rahmat dan kesenangan). Berkah itu mem-berikan ketenangan dan kebahagiaan bagi hati dan jiwa. Berkah berarti memberikan manfaat positif bagi kesehatan tubuh dan jiwa. Menjauhkan seseorang dari gangguan berbagai penyakit pisik dan aruhani.
 

Komentar Pembaca
Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

SABTU, 01 JUNI 2019 , 19:43:00

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

SABTU, 25 MEI 2019 , 22:41:00

Sidak Kantor Samsat

Sidak Kantor Samsat

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:19:00



The ads will close in 10 Seconds