>

Program Konservasi Orangutan Berbasis Masyarakat Dikembangkan di Batangtoru

Peristiwa  JUM'AT, 03 MEI 2019 , 13:08:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Program Konservasi Orangutan Berbasis Masyarakat Dikembangkan di Batangtoru

Foto/RMOLSumut

RMOLSumut. Masyarakat di 15 desa sekitar bentang alam Batangtoru, Tapanuli Selatan, mengembangkan program pemberdayaan dan pembangunan berkelanjutan berbasis komunitas (Community Empowering of Batangtoru Sustainable Development/CEBTOS). Salah satu program yang dijalankan adalah konservasi orangutan.

Penggagas CEBTOS, Kusnadi, menuturkan program ini dikerjakan dengan sepenuhnya berbasis masyarakat. "Mulai dari perencanan hingga pelaksanaannya semuanya dilakukan oleh masyarakat," katanya di Dusun Sitandiang, Desa Bulu Mario, Kecamatan Sipirok, Tapanuli Selatan, Rabu (1/5/2019).

Sebagai mitra, CEBTOS menggandeng pemerintah daerah dan pemerintah pusat atau Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Mitra lain yang sudah bergabung adalah PT North Sumatera Hydro Energy (NSHE), pengembang pembangkit listrik bersih PLTA Batangtoru.

Kusnadi menuturkan, mitra CEBTOS bisa memberikan bantuan seperti untuk perbaikan irigasi, jalan, atau penyediaan bibit untuk pengkayaan tanaman di areal agroforestry yang dikelola masyarakat. Pelatihan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat pun dilakukan seperti untuk penguatan kelembagaan, perhutanan sosial, hingga pengolahan dan pemasaran produk hasil perhutanan sosial. "Kami dorong dari hulu hingga hilir," katanya.

Pelatihan yang diberikan mengenai konservasi ekosistem Batangtoru dan orangutan. Termasuk pendataan, pemetaan dan pemantauan orangutan. Pelatihan kader konservasi yang baru saja digelar melibatkan 7 desa dan 1 dusun yang ada di bentang Batangtoru.


Komentar Pembaca
Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

SABTU, 01 JUNI 2019 , 19:43:00

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

SABTU, 25 MEI 2019 , 22:41:00

Sidak Kantor Samsat

Sidak Kantor Samsat

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:19:00



The ads will close in 10 Seconds