>

Kapolda Sumut: Saya Tidak Akan Ragu Terapkan Pasal Makar

Politik  KAMIS, 09 MEI 2019 , 20:20:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Kapolda Sumut: Saya Tidak Akan Ragu Terapkan Pasal Makar

Irjen Pol Agus Andrianto/RMOLSumut

RMOLSumut. Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agus Andrianto mengatakan pihaknya tidak akan ragu untuk menerapkan pasal 107 KUHP bagi siapa saja pihak yang melakukan usaha makar terhadap negara. Hal ini disampaikannya terkait munculnya wacana mendelegitimasi pemilu 2019 oleh pihak tertentu yang mengaku menemukan berbagai indikasi kecurangan.

"Kita semua sudah bisa melihat, itu hanya dugaan mereka. Kalau mereka ada bukti perlu diproses secara hukum, dibuktikan dulu. Kalau tak percaya sama semua, sama aparat penegak hukum tak percaya, sama penyelenggara pemilu tak percaya trus sama siapa percayanya?, sama diri sendiri?," katanya saat meninjau proses rekapitulasi hasil perolehan suara pemilu 2019 tingkat KPU Sumut di Hotel JW Marriot, Medan, Kamis (9/5/2019).

Jenderal bintang dua ini menegaskan, negara telah memberikan jalur penyelesaian atas berbagai masalah yang muncul. Termasuk jika menemukan adanya persoalan dalam kepemiluan. Karenanya ia meminta agar seluruh pihak menggunakan jalur tersebut untuk menyelesaikan hal-hal yang dianggap bermasalah dan tidak membuat aksi-aksi yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. Apalagi saat ini merupakan bulan Ramadhan dimana semua umat sedang melaksanakan ibadah puasa.

"Hakekat puasa itu menahan diri dari berbagai prasangka buruk. Jangan menyebar kebencian apalagi sampai mengajak warga satu dengan lainnya untuk bermusuhan," sebutnya.

Terkait adanya wacana people power sebagai bentuk gerakan yang akan dilakukan untuk mendelegitimasi hasil pemilu dengan tudingan pemerintah saat ini melakukan kecurangan. Dan juga upaya untuk mencegah KPU melaksanakan tugasnya menyelesaikan rekapitulasi. Agus memastikan mereka akan tegas dalam melakukan penindakan dengan menerapkan pasal 170 tentang perbuatan besama menggunakan kekerasan dan 107 KUHP tentang makar.


Komentar Pembaca
Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

SABTU, 01 JUNI 2019 , 19:43:00

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

SABTU, 25 MEI 2019 , 22:41:00

Sidak Kantor Samsat

Sidak Kantor Samsat

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:19:00



The ads will close in 10 Seconds