Potensi Limbah Sawit, Siap Pasok Energi Listrik PLN

Ekonomi  SENIN, 13 MEI 2019 , 09:55:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Potensi Limbah Sawit, Siap Pasok Energi Listrik PLN

James Sembiring/RMOLSumut

Pemerintah Indonesia sedang gencar-gencarnya mendorong perusahaan-perusahaan memanfaatkan energi terbarukan sebagai energi alternatif. Jika hal itu tak dilakukan, dipastikan cadangan sumber energi fosil yang selama ini dipergunakan, bakal habis.

Menyikapi dorongan pemerintah untuk memanfaatkan energi terbarukan, Asian Agri sebagai perusahaan perkebunan kelapa sawit yang mengedepankan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam operasionalnya, berupaya menghadirkan sumber energi terbarukan berupa Pembangkit Listik Tenaga Biogas (PLTBg).

Tak tanggung-tanggung, investasi yang digelontorkan untuk membangun PLTBg berteknologi Digester Tank,  kisaran 6 juta dollar untuk satu unit PLTBg. Dan hingga saat ini, Asian Agri memiliki 7 PLTBg yang telah beroperasional tersebar di wilayah Sumatera Utara (Sumut), Riau dan Jambi.

Kabarnya, pada pertengahan tahun 2019 ini, Asian Agri akan kembali mengoperasionalkan 3 unit PLTBg baru, yang berada Kabupaten Asahan dan Labuhanbatu.

"Target kita (Asian Agri) akan meresmikan pengoperasian 3 unit PLTBg, yakni satu di Asahan dan 2 lagi di Labuhanbatu," ujar James Sembiring selaku Head Mill & Engineering Asian Agri dalam momen NGOPI (Ngobrol Pintar) bersama awak media, Kamis (9/5/2019).

Menurutnya, Asian Agri merupakan salah satu perusahaan perkebunan yang mampu mengolah limbah cair / POME (Palm Oil Mill Effluent) dari PMKS (Pabrik Minyak Kelapa Sawit) untuk menghasilkan Energi Baru Terbarukan (EBT).

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Prabowo Diantara Megawati dan Puan

Prabowo Diantara Megawati dan Puan

RABU, 24 JULI 2019 , 15:31:00

Pelantikan Siswa SMAN 1 Plus Matauli

Pelantikan Siswa SMAN 1 Plus Matauli

RABU, 24 JULI 2019 , 17:41:00

Bintang Kejora Dijahit Belanda

Bintang Kejora Dijahit Belanda

SENIN, 02 SEPTEMBER 2019 , 09:02:00