>

Mulia Banurea: PPK dan KPPS Yang Terlibat Penggelembungan Suara Adukan Ke Polisi

Politik  SELASA, 14 MEI 2019 , 15:49:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Mulia Banurea: PPK dan KPPS Yang Terlibat Penggelembungan Suara Adukan Ke Polisi

Mulia Banurea/RMOLSumut

RMOLSumut. Komisioner KPU Sumatera Utara, Mulia Banurea mendorong agar jajaran KPU kabupaten/kota melakukan pembinaan terhadap anggota mereka di jajaran PPK dan KPPS yang terindikasi terlibat kecurangan berupa penggelembungan suara pemilu 2019 untuk kepentingan oknum tertentu. Bentuk pembinaan tersebut menurutnya dapat dilakukan dengan mekanisme yang diatur sesuai PKPU nomor 8 tahun 2019 yakni memberi sanksi atas pelanggaran kode etik hingga mengadukannya ke pihak berwajib.

"Kalau menurut saya pribadi ini sudah ditemukan fakta, saya sampaikan kepada KPU kabupaten/kota yang menemukan penyelenggaranya melakukan penggelembungan suara dipidanakan dengan melaporkan kepada pihak berwajib," katanya, Senin (13/5/2019).

Mulia menjelaskan, pengaduan atas indikasi keterlibatan dalam kecurangan tersebut menjadi hal yang perlu dilakukan untuk memberikan efek jera. Dengan demikian ketegasan tersebut dapat mejadi acuan bagi para penyelenggara pemilu kedepannya untuk tidak mengulangi hal yang sama.

"Ini sebagai ikhtiar untuk menjadikan efek jera oknum penyelenggara yang main-main terkait menyelamatkan hak konstitusi seluruh warga pemilih di Sumatera Utara," ujarnya.

Mulia menyebutkan selama proses rekapitulasi tingkat KPU Provinsi mereka menemukan beberapa fakta penggelembungan suara maupun kasus lain seperti perpindahan suara. Kuat dugaan hal ini melibatkan jajaran penyelenggara ditingkat kecamatan sehingga hal tersebut perlu dituntaskan.


Komentar Pembaca
Rachmawati Soekarnoputri Rangkul Golkar Dan PPP
Youth Enterpreneur Summit 2019

Youth Enterpreneur Summit 2019

SENIN, 08 APRIL 2019 , 11:26:00

PWI Sumut Apresiasi Asian Agri

PWI Sumut Apresiasi Asian Agri

KAMIS, 09 MEI 2019 , 18:24:00



The ads will close in 10 Seconds