Walhi Sumut: Konflik Agraria Di Sihaporas, Aparat Jangan Hanya Pro Ke PT. TPL

Peristiwa  JUM'AT, 17 MEI 2019 , 09:25:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Walhi Sumut: Konflik Agraria Di Sihaporas, Aparat Jangan Hanya Pro Ke PT. TPL

Walhi Sumut/RMOLSumut

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sumatera Utara meminta agar pemerintah segera menyelesaikan konflik agraria yang terjadi antara masyarakat adat dengan PT Toba Pulp Lestari (TPL) di Desa Sihaporas, Kecamatan Pematang Sidamanik. Melalui pernyataan tertulisnya kepada redaksi, Manajer Hukum Walhi Sumut, Golfrid Siregar mengatakan konflik berkepanjangan di lokasi tersebut terjadi karena dasar izin IUPHHK yang dimiliki oleh perusahaan tersebut telah mencederai hak masyarakat adat dan masyarakat lokal yang mempunyai kehidupan atas wilayah tersebut yang.

"Disana ada tanaman pisang, durian, alpokat dan haminjon yang menjadi sumber pengahsilan bagi masyarakat Desa Sihaporas," katanya, Jumat (17/5/2019).

Berkaitan dengan sengketa yang terjadi ia juga meminta aparat keamanan unsur TNI dan Polri selaku pengayom masyarakat agar tidak bersikap reaktif dan menunjukkan keberpihakan terhadap TPL. Sebab izin yang dimiliki oleh perusahaan tersebut dinilai mencederai UUD 1945 pasal 33.

"Bagaimana masyarakat yang seharusnya mempunyai sumber kehidupan dari kegiatan berladang tidak diberikan hak atas pemanfaatan lokasi, namun pemerintah memberikan Hak Kelola terhadap perusahaan, dimana kemakmuran rakyat yang tertuang dalam konstitusi UUD 1945 jika Hak Kelola masyarakat ternyata dirampas oleh Konstitusi atas Terbitnya Izin IUPHHK- HTI," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Walhi Sumut, Dana Prima Tarigan mengatakan IUPHHK-HTI tidak boleh mengambil hak hidup masyarakat adat Sihaporas. Walhi Sumut menurutnya sangat mengecam tindakan perusahaan yang melibatkan aparat untuk memberikan tekanan psikologis kepada masyarakat adat.


Komentar Pembaca
Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 14:25:41

Densus 88 Amankan Terduga Teroris di Gunungpati Semarang
Walikota Medan Terjaring OTT KPK

Walikota Medan Terjaring OTT KPK

RABU, 16 OKTOBER 2019 , 11:36:34

Bintang Kejora Dijahit Belanda

Bintang Kejora Dijahit Belanda

SENIN, 02 SEPTEMBER 2019 , 09:02:00

Turun Jumpai Buruh

Turun Jumpai Buruh

RABU, 28 AGUSTUS 2019 , 09:31:00

Bobby Nasution-Bobby Zulkarnain

Bobby Nasution-Bobby Zulkarnain

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 19:47:00