Cerita Anak Siantar 'Jagoan Software' Perusahaan Raksasa Alibaba, Hingga Nikah Massal Di Cina

Ragam  SABTU, 18 MEI 2019 , 11:20:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Cerita Anak Siantar 'Jagoan Software' Perusahaan Raksasa Alibaba, Hingga Nikah Massal Di Cina

Andrew dan Istirnya Amelia/RMOLSumut

Adrew Budiman dan istri Amelia Materina, menjadi satu dari 101 pasangan yang beruntung dapat merayakan kembali pernikahan mereka di kantor pusat Alibaba di Hangzhou, Tiongkok, pada acara puncak perayaan Ali Day, 10 Mei 2019 lalu. Ali Day adalah sebuah momen penting bagi para Aliren (sebutan bagi karyawan Alibaba), yang bermula dari kejadian pada tanggal 10 Mei 2005 ketika wabah SARS menyerang seorang pegawai Alibaba. Seluruh karyawan dirumahkan, namun karena komitmen mereka, pekerjaan tetap dilanjutkan di rumah. Peringatan Ali Day setiap tahun ini kemudian menjadi hari untuk memberikan apresiasi kepada seluruh karyawan Alibaba dan keluarganya.

Semua bermula ketika Andrew yang merupakan seorang software engineer bekerja di kantor Alibaba di Jakarta - menerima email dari divisi HRD kantor pusat Alibaba di Hangzhou berisi undangan kepada mereka untuk berpartisipasi dalam acara pernikahan massal ini. Dengan dukungan sang istri, begitu bersemangat dan tanpa ragu, Andrew langsung menerima tawaran tersebut. Ini adalah kesempatan sekali seumur hidup, dapat menikah di Tiongkok dan mendapat wejangan dari Jack Ma, pikirnya. Secara hukum dan agama Andrew dan Amelia sudah melaksanakan pernikahan pada 1 Desember 2018 lalu, dilanjutkan dengan resepsi di Jakarta pada 9 Desember. Jadi, upacara pernikahan di Hangzhou akan menjadi upacara pernikahan yang ketiga kalinya.

Persiapan hingga upacara pernikahan

Tibalah hari pernikahan itu. Sebelum menuju lokasi pernikahan, Amelia di make-up agar tampil anggun bak putri dari Tiongkok. Keduanya pun mendapatkan baju pengantin anggun berwarna merah, sebuah pakaian khas pernikahan tradisional Tiongkok. Setelah siap, Andrew dan Amelia pun diantar ke lokasi pernikahan di Xixi Campus, sebutan kantor pusat Alibaba di Hangzhou. "Saya sangat terkejut, kami menjadi pusat perhatian seluruh pengunjung! Selain internal media, acara AliDay ini juga diliput oleh berbagai media di China dan juga media dari beberapa negara termasuk dari Indonesia," kata Andrew yang bekerja sebagai Software Developer untuk ANT Financial.

Keduanya pun mengikuti seluruh prosesi acara pernikahan tradisional Tiongkok ini, mulai dari membasuh tangan, memakan daging yang sama, minum anggur pernikahan, saling memotong rambut, serta saling bertukar cinderamata, hingga memasang gembok di jembatan sebagai bentuk ikatan cinta mereka.

Terakhir yang paling ditunggu, adalah ketika Jack Ma menyampaikan wejangan kepada seluruh pasangan. "Bekerja dengan orang yang kita sukai adalah sebuah keberuntungan. Tapi hidup bersama orang yang kita cintai adalah anugrah sepanjang hidup," katanya menuturkan apa yang disampaikan Jack Ma.

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Prabowo Diantara Megawati dan Puan

Prabowo Diantara Megawati dan Puan

RABU, 24 JULI 2019 , 15:31:00

Pelantikan Siswa SMAN 1 Plus Matauli

Pelantikan Siswa SMAN 1 Plus Matauli

RABU, 24 JULI 2019 , 17:41:00

Bintang Kejora Dijahit Belanda

Bintang Kejora Dijahit Belanda

SENIN, 02 SEPTEMBER 2019 , 09:02:00