>

Ramai People Power, 'Gerakan Pemilu Damai' Minta Rakyat Dewasa Hadapi Hasil Pemilu

Politik  SENIN, 20 MEI 2019 , 00:51:00 WIB

Ramai People Power, 'Gerakan Pemilu Damai' Minta Rakyat Dewasa Hadapi Hasil Pemilu

Gerakan Pemilu Damai/Dok

RMOLSumut. Kelompok masyarakat sipil yang tergabung dalam Gerakan untuk Pemilu Damai dan Konstitusional mengimbau kepada semua pihak, baik masyarakat maupun tim pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden untuk menggunakan jalur konstitusional dalam menyikapi hasil Pemilu 2019 yang akan diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) 22 Mei mendatang.

"Jika menemukan dugaan pelanggaran agar melaporkan ke Bawaslu dan atau ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Apabila berkeberatan atau tidak menerima hasil pemilu, dapat menempuh jalur sengketa PHPU ke MK dengan mengajukan bukti-bukti dugaan pelanggaran yang selama ini terwacanakan," demikian bunyi keterangan tertulis yang diterima redaksi, Minggu (19/5).

Gerakan yang beranggotakan Hadar Gumay, Bivitri Susanti, Titi Anggraini, Jeirry Sumampow, Donal Fariz, Ray Rangkuti dan beberapa tokoh lain ini sadar jika beberapa waktu belakangan muncul dinamika politik seperti halnya saling klaim kemenangan Pilpres, gerakan people power, penyebaran hoax pemilu, hingga pernyataan salah satu paslon yang akan menolak hasil rekapitulasi Pemilu oleh KPU jika curang.

Oleh karenanya, mereka meminta kepada paslon dan tim kampanye untuk menghargai mekanisme hukum yang telah tersedia dalam Konstitusi dan UU Pemilu.

"Semua pihak agar menunjukkan kedewasaan dalam berdemokrasi, menghargai konstitusi, menciptakan suasana kondusif menjelang dan setelah penetapan hasil Pemilu dengan tidak melakukan provokasi, ancaman kekerasan dan seruan yang mengarah pada tindakan-tindakan yang inkonstitusional," imbau gerakan tersebut.


Komentar Pembaca
Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

SABTU, 01 JUNI 2019 , 19:43:00

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

SABTU, 25 MEI 2019 , 22:41:00

PWI Sumut Apresiasi Asian Agri

PWI Sumut Apresiasi Asian Agri

KAMIS, 09 MEI 2019 , 18:24:00



The ads will close in 10 Seconds