>

Sumber Kapital Kering, Negara Reformasi Segera Runtuh Dan Sirna

Oleh: Haris Rusly Moti

OPINI  SENIN, 20 MEI 2019 , 18:15:00 WIB

Sumber Kapital Kering, Negara Reformasi Segera Runtuh Dan Sirna

Ilustrasi

21 Mei 1998 adalah hari lahirnya sebuah era. Presiden Soeharto menyatakan berhenti setelah berkuasa selama 30-an tahun. Era Orde Baru berakhir. Era reformasi yang berpondasi liberalisme lahir pada hari itu. Satu hari setelah peringatan lahirnya reformasi, 22 Mei, pada hari itu KPU akan menetapkan rekapitulasi suara Pilpres secara nasional.

Orang Jawa bilang ndilalah”, kebutulan atau blessing in disguise”. Kehendak Tuhan senantiasa terlihat berjalan secara alamiah. Namun, tidak ada kehendak Tuhan yang terjadi secara kebutulan. Everything is by design. Bahkan jatuhnya daun yang kering pun, semuanya atas kehendak dari hukum alam yang ditentukan Tuhan.

Kebutulan pada bulan Mei 2019 tahun ini bertepatan juga dengan jadwal penetapan rekapitulasi suara Pilpres yang terjadi selang satu hari setelah peringatan reformasi. Nampaknya peristiwa itu merupakan sebuah pertanda alam yang terlihat alamiah.

Setelah kita memperingati hari reformasi, esoknya kita musti bersiap untuk berduka. Negara era reformasi itu diperkirakan akan mulai runtuh, sirna atau wafat di usia muda, 21 tahun.

Negara era reformasi akan menyusul nasibnya Sriwijaya dan Majapahit. Dua negara ini pernah hidup dan sirna di atas tanah yang sama.


Komentar Pembaca
Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

SABTU, 01 JUNI 2019 , 19:43:00

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

SABTU, 25 MEI 2019 , 22:41:00

Sidak Kantor Samsat

Sidak Kantor Samsat

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:19:00



The ads will close in 10 Seconds