>

Toba Caldera World Music Festival Akan 'Panaskan' Danau Toba

Ragam  RABU, 12 JUNI 2019 , 10:04:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Toba Caldera World Music Festival Akan 'Panaskan' Danau Toba

Irwansyah Harahap/RMOLSumut

RMOLSumut. Sajian wisata berkelas dunia kembali akan digelar di Danau Toba yakni pagelaran musik yang diberi nama Toba Caldera World Music Festival (TCWMF) 2019. Kegiatan ini menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani akan disajikan dengan format berbeda dari durasi waktu hingga lokasi tempat kegiatan.

"Ini akan digelar selama 3 hari dan digelar di luar ruang," katanya, Rabu (12/6/2019).

Ia menjelaskan kegiatan digagas Rumah Musik Suarasama dengan merangkul berbagai komunitas di Kota Balige dan masyarakat Kecamatan Tampahan Tobasa. Tujuannya tidak berbeda yakni tetap untuk memperkenalkan dan mempromosikan destinasi wisata Danau Toba hingga ke mancanegara. Beberapa kelompok musisi bergenre world music yang sudah tidak asing lagi di Indonesia siap mewarnai konser ini yakni SuaraSama besutan Irwansyah Harahap, Kua Etnika besutan Jaduk Ferianto, serta Mataniari (Toba Roots Music) feat Si Raja Seruling” Marsius Sitohang.

Peserta dari luar negeri pun tak kalah hebatnya. Ada FieldPlayers (Malaysia), Jade School Guzheng Ensemble feat Prof Xiaoxin Xiao (Cina), serta Daniel Milan Cabrera-Deva Baumbach (Mexico). Lebih asik lagi perhelatan kali ini pun menggandeng berbagai civitas akademika. Mulai dari Community Creative (UNP Padang), Communal Primitive (USU Medan), Ensamble Musik Universitas HKBP Nomensen Medan, Ensambel Gendang Kampung (Unimed Medan), dan beberapa talent lokal lainnya.

"TCWMF merupakan perpaduan alam yang indah, musik yang bergelora dan kehangatan interaksi antara musisi dan penonton. Ini membuat pagelaran ini selalu ditunggu dan dipadati penikmat musik setiap tahunnya," ucap Rizki.


Komentar Pembaca
Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

SABTU, 01 JUNI 2019 , 19:43:00

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

SABTU, 25 MEI 2019 , 22:41:00

Sidak Kantor Samsat

Sidak Kantor Samsat

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:19:00



The ads will close in 10 Seconds