>

Ombudsman Sumut: Instansi Pemerintah Jangan Alergi Bentuk Unit Pengelolaan Pengaduan

Pemerintahan  RABU, 12 JUNI 2019 , 14:36:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Ombudsman Sumut: Instansi Pemerintah Jangan Alergi Bentuk Unit Pengelolaan Pengaduan

Abyadi Siregar/RMOLSumut

RMOLSumut. Kepala Ombudsman RI perwakilan Sumatera Utara, Abyadi Siregar meminta seluruh instansi pemerintah yang bekerja untuk pelayanan publik agar tidak alergi membentuk unit pengelolaan pengaduan masyarakat. Hal ini menjadi salah satu hal penting untuk mewujudkan reformasi birokrasi instansi pemerintahan melalui pembentukan zona Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Demikian salah satu poin yang disampaikannya saat memberikan sambutan pada kegitan Penguatan WBK dan WBBM serta survey kepuasan masyarakat dan indeks persepsi korupsi di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan.

"Pengaduan masyarakat inilah yang menjadi bahan introspeksi diri bagi seluruh instansi publik mengenai kualitas layanan yang sudah mereka berikan," katanya.

Selain poin tersebut, Abyadi menyampaikan 4 langkah lainnya yang juga harus dilakukan untuk mewujudkan WBK dan WBBM tersebut. Poin tersebut yakni memastikan komitmen untuk terus melakukan perbaikan standart layanan sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat. Dalam hal ini salah satu hal yang paling perlu diwujudkan yakni memastikan seluruh informasi yang diperlukan masyarakat dapat terlihat jelas dipampangkan pada ruang-ruang layanan.

"Misalnya mengenai tarif layanan yang dipampangkan pada papan pengumuman. Ketika tarif itu misalnya sudah diketahui oleh masyarakat maka itu akan memperkecil celah petugas untuk melakukan pungutan liar kepada masyarakat," ujarnya.


Komentar Pembaca
Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

SABTU, 01 JUNI 2019 , 19:43:00

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

SABTU, 25 MEI 2019 , 22:41:00

Sidak Kantor Samsat

Sidak Kantor Samsat

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:19:00



The ads will close in 10 Seconds