>

Punya Keunggulan, Homestay dan Desa Wisata Silalahi Selalu Bersih

Ekonomi  SABTU, 15 JUNI 2019 , 13:22:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Punya Keunggulan, Homestay dan Desa Wisata Silalahi Selalu Bersih

Foto/RMOLSumut

RMOLSumut. Asisten Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Regional I Kementerian Pariwisata Lokot Ahmad Enda mengatakan, Desa Wisata Silalahi memiliki keunggulan berdekatan langsung dengan Danau Toba. Namun, masyarakat pengelola homestay belum memahami bagaimana memperlakukan wisatawan yang datang. Karena itu ia menyarankan agar masyarakat dan pengelola memahami konsep pelayanan dengan selalu menjaga kebersihan.

"Wisatawan yang menginap di hotel itu berbeda dengan yang menginap di homestay. Bila di hotel wisatawan ingin privasi dan dilayani, namun wisatawan menginap di homestay ingin berbaur dengan masyarakat. Sehingga kebersihan menjadi sangat penting," katanya dalam Workshop Homestay dan Desa Wisata di Balai Desa Silalahi II, Kamis (13/6/2019).

Tidak hanya lingkungan homestay, masyarakat juga diminta menjaga kebersihan danau di sekitarnya. Sehingga, wisatawan benar-benar bisa menikmati Danau Toba dengan puas

"Contohnya keberadaan keramba ikan, sebaiknya dipindahkan ke lokasi danau yang tidak didatangi wisatawan. Sampah-sampah di sekitar Danau juga harus selalu dibersihkan," tuturnya.

Menurut Lokot, yang diburu wisatawan yang menginap di homestay adalah kearifan lokal dan cerita-cerita (storytelling) yang ada di masyarakat sekitar homestay. Baik itu budayanya, kulinernya, dan lain-lain.


Komentar Pembaca
Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

SABTU, 01 JUNI 2019 , 19:43:00

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

SABTU, 25 MEI 2019 , 22:41:00

Sidak Kantor Samsat

Sidak Kantor Samsat

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:19:00



The ads will close in 10 Seconds