>

Gubernur Sumut: Ancaman Kedepan Multidimensi

Pemerintahan  KAMIS, 20 JUNI 2019 , 19:04:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Gubernur Sumut: Ancaman Kedepan Multidimensi

Foto/RMOLSumut

RMOLSumut. Perkembangan teknologi informasi saat ini dinilai dapat mengaburkan batas geografis maupun administratif yang berdampak luas, termasuk pertahanan negara. Karena itu, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyebutkan bahwa ancaman ke depan terdiri dari multidimensi, bukan hanya fisik.

Hal itu disampaikan Gubernur melalui Asisten Pemerintahan Jumsadi Damanik dalam pidatonya pada Rapat Kerja Rancangan Induk Penataan Sumber Daya Alam dan Buatan (SDAB) untuk Sumber Daya Pertahanan Negara, di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro, Nomor 30 Medan, Kamis (20/6). Hadir diantaranya Direktur Komponen Pendukung Ditjen Potensi Pertahanan Kemenhan Tristan Soemardjono, Kasubdit SDAB Ditkomduk Kemenhan Kol Arh Achmat Muftahudin, Perwakilan Kemenhan Sumut dan Kesbangpol Sumut.

Disampaikannya, peningkatan kapasitas dan kualitas SDAB harus ditata dan dibina agar dapat ditransformasikan sebagai kekuatan pertahanan. Sebab, saat ini cara pandang sudah harus dimaknai dengan penuh kewaspadaan. Karena tidak bisa lagi menganggap setiap ancaman terhadap negara hanya bersifat konvensional (militer). Akan tetapi kemungkinan sifatnya non militer atau kolaborasi keduanya dan bersifat multidimensi.

"Ancaman tersebut dapat berdimensi ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, teknologi, keselamatan umum maupun ancaman berdimensi legislasi. Untuk mengantisipasi kemungkinan yang terjadi, maka sangat diperlukan regulasi," ujarnya.

Sumber daya nasional yang terdiri dari SDAB, serta sarana dan prasarana yang dapat ditransformasikan sebagai komponen cadangan atau pendukung, menurutnya, harus dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah dan berlanjut.


Komentar Pembaca
Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

SABTU, 01 JUNI 2019 , 19:43:00

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

SABTU, 25 MEI 2019 , 22:41:00

Sidak Kantor Samsat

Sidak Kantor Samsat

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:19:00



The ads will close in 10 Seconds