>

Didesain Nyaman Dan Tak Banjir, Dulu Banyak Negara Minta Konsesi Di Medan

Politik  SENIN, 08 JULI 2019 , 10:51:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Didesain Nyaman Dan Tak Banjir, Dulu Banyak Negara Minta Konsesi Di Medan

Drs Yance Msi/RMOLSumut

RMOLSumut. Kota Medan sejak awal berdiri merupakan kota yang kosmopolitan. Keberhasilan Jacob Nienhuys melakukan eksperimen menanam tembakau yang terkenal ke seantero dunia yakni Tembakau Deli membuat berbagai negara berminat untuk mendapatkan konsesi. Demikian disampaikan pengamat lingkungan Universitas Sumatera Utara, Drs Yance Msi dalam kegiatan Social Infinity Meetup Redaksi RMOLSumut, di Kantor Redaksi, Komplek Tempua Residen, Medan Sunggal, (Sabtu (6/7).

Beberapa negara yang minta konsesi tersebut menurutnya yakni Polandia yang mendapat konsesi di kawasan Polonia. Kemudian Amerika dari negara bagian Virginia yang mendapat konsesi di Marelan (Maryland), Swiss minta konsesi dan mendapatkannya di kawasan yang diberi nama sesuai nama suku utama di Swiss yakni suku Helvetia.

Kemudian Tamil minta konsesi dan mendapatkannya di kawasan Kampung Mardas, China meminta konsesi dan mendapatkannya di Kota Cina. Sedangkan orang Eropa mendapatkan mendapatkan wilayah utama (gemeenteraad) yakni di kawasan Jalan Sudirman Medan saat ini.

"Dulunya tempat orang eropa itu mulai dari Jalan Iskandar Muda ujung hingga Jalan Juanda sebelum sungai. Kemudian dari kawasan Polonia hingga jalan Maulana Lubis," katanya.

Masuknya semua bangsa di Kota Medan ini menurut Yance turut memberikan kontribusi besar dalam perkembangan kota. Orang-orang Tamil memiliki peran besar dalam pembuatan jalan, orang-orang China berperan dalam hal finansial dan Belanda berperan dalam rekayasa teknik dan juga modal.


Komentar Pembaca
Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

SABTU, 01 JUNI 2019 , 19:43:00

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

SABTU, 25 MEI 2019 , 22:41:00

Sidak Kantor Samsat

Sidak Kantor Samsat

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:19:00



The ads will close in 10 Seconds