LPPM USU Berikan Penguatan Ekonomi Masyarakat Di Kampung Kubur

Ekonomi  SABTU, 03 AGUSTUS 2019 , 15:11:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

LPPM USU Berikan Penguatan Ekonomi Masyarakat Di Kampung Kubur

Foto/RMOLSumut

Kampung Kubur selalu identik dengan stigma negatif sebagai wilayah peredaran narkoba. Stigma ini melekat sejak lama, bahkan sejak tahun 70-an. Padahal Kampung Kubur seperti halnya wilayah lain di Kota Medan memiliki potensi ekonomi kerakyatan.

Untuk mengurangi stigma itu, Lembaga Pengabdian pada Masyarakat Universitas Sumatera Utara (LPPM USU) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan pengelolaan wirausaha pada Rabu (01/08/2019). Kegiatan yang berlokasi di kantor Kecamatan Kampung Kubur ini memfokuskan pada pelatihan pembuatan hidroponik, pembuatan kue, pelatihan pembuatan sablon, pangkas, hingga pengelolaan barang bekas. Kegiatan pelatihan sendiri mendatangkan pakar-pakar dalam bidangnya masing-masing.

Setelah kegiatan pelatihan, esok harinya, Kamis (02/08/2019) warga mendapatkan bantuan berupa cermin pangkas, mesin ketam, alat hidroponik, stelling, alat sablon, hingga bibit buah-buahan yang dapat menghasilkan seperti alpukat dan mangga.

Melalui kegiatan ini LPPM USU berharap bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kampung Kubur sekaligus mengurangi stigma negatif yang selama ini berkembang di masyarakat.

"FISIP USU (sebagai pelaksana kegiatan dari LPPM USU-red) siap untuk melakukan pendampingan sebagai bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi. Harapannya, Kampung Kubur dapat berubah menjadi kampung sejahtera," kata
Muhammad Arifin Nasution, MSP selaku ketua dalam kegiatan. Hadir dalam kesempatan itu, Dr. Nurman Achmad (anggota Pengabdian pada masyarakat).

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Prabowo Diantara Megawati dan Puan

Prabowo Diantara Megawati dan Puan

RABU, 24 JULI 2019 , 15:31:00

Pelantikan Siswa SMAN 1 Plus Matauli

Pelantikan Siswa SMAN 1 Plus Matauli

RABU, 24 JULI 2019 , 17:41:00

Bintang Kejora Dijahit Belanda

Bintang Kejora Dijahit Belanda

SENIN, 02 SEPTEMBER 2019 , 09:02:00