Lalui Seleksi Akademis, Penempatan Pejabat Pemprovsu Harus Diapresiasi

Pemerintahan  KAMIS, 15 AGUSTUS 2019 , 14:18:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Lalui Seleksi Akademis, Penempatan Pejabat Pemprovsu Harus Diapresiasi

Pelantikan Pejabat Pemprov Sumut/RMOLSumut

Pengamat kebijakan pemerintahan, Arifin Saleh Siregar mengatakan inovasi yang dilakukan oleh Gubernur Sumatera Utara dalam menempatkan pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (pemprovsu) sangat layak diapresiasi. Metode seleksi yang dilakukan secara akademis menurutnya akan membuat jabatan yang ada akan diduduki oleh orang-orang terbaik.
"Langkah ini tentu harus diapresiasi, karena ada aspek akademis disitu," katanya, Kamis (15/8/2019).

Arifin menjelaskan, pejabat-pejabat yang mengikuti seleksi pada lelang jabatan yang dilakukan di lingkungan Pemprovsu tentu memiliki berbagai sejarah dalam berkarir sebagai ASN. Bahkan tidak sedikit yang pernah menjabat pada jabatan tertentu pada era kepemimpinan beberapa gubernur sebelumnya baik Gatot Pujo Nugroho maupun Tengku Erry Nuradi. Namun terlepas dari situ, hasil yang mereka capai lewat seleksi ketat saat lelang jabatan, haruslah menjadi patokan untuk menentukan apakah mereka layak atau tidak.

"Tidak ada itu tolak ukurnya, pejabat si A ada dalam rezim Gatot misalnya atau yang lain dan lantas kemudian menjadi salah satu kriteria yang untuk mengatakan mereka pantas atau tidak untuk menjabat di era Edy Rahmayadi. Kita harus menghormati aspek akademis yang mereka lalui, jangan jadi mundur kebelakang," ujarnya.

Diketahui, hingga saat ini proses seleksi jabatan di lingkungan Pemprovsu masih terus berlangsung. Sembilan jabatan pratama masih lowong yakni
Asisten Pemerintahan, Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan, Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Dinas Kehutanan, Kepala Dinas Koperasi dan UKM dan Direktur RSJ Prof Dr Muhammad Ildrem.[rgu]

Komentar Pembaca
Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 14:25:41

Densus 88 Amankan Terduga Teroris di Gunungpati Semarang
Walikota Medan Terjaring OTT KPK

Walikota Medan Terjaring OTT KPK

RABU, 16 OKTOBER 2019 , 11:36:34

Bintang Kejora Dijahit Belanda

Bintang Kejora Dijahit Belanda

SENIN, 02 SEPTEMBER 2019 , 09:02:00

Turun Jumpai Buruh

Turun Jumpai Buruh

RABU, 28 AGUSTUS 2019 , 09:31:00

Bobby Nasution-Bobby Zulkarnain

Bobby Nasution-Bobby Zulkarnain

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 19:47:00