Tokoh Adat Tantang LSM Asing Dialog Soal Orangutan

Peristiwa  JUM'AT, 23 AGUSTUS 2019 , 15:42:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Tokoh Adat Tantang LSM Asing Dialog Soal Orangutan

Edward Siregar/RMOLSumut

Tokoh adat wilayah Sipirok, Marancar, Batangtoru atau Simarboru, Tapanuli Selatan menantang LSM dan peneliti asing untuk berdialog karena merusak harmoni kehidupan masyarakat setempat dengan orangutan yang telah berlangsung ratusan tahun. LSM dan peneliti asing tersebut dinilai para tokoh adat telah menyebar kampanye bohong bahwa kelestarian orangutan terancam.

Menurut Raja Luat Sipirok Sutan Parlindungan Suangkupon Edward Siregar, kampanye yang dilakukan sejumlah LSM bahwa kelestarian orangutan dan kehidupan masyarakat terancam akibat pembangunan PLTA Batang Toru adalah kebohongan. Keberadaan pembangkit listrik energi terbarukan itu malah diyakini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Kampanye LSM asing dan lokal yang menjadi kaki tangan dengan menggiring isu lingkungan dan orangutan merupakan hoaks (bohong).  Mereka menghalangi Indonesia soal kedaulatan energi,” katanya dalam pernyataannya di Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Edward menyatakan pihak yang yang paling tahu bagaimana orangutan dan kondisi kehidupan masyarakat di Simarboru adalah warga setempat. Masyarakat Simarboru, kata Edward, sudah ratusan tahun hidup berdampingan dengan orangutan dan berbagi hasil kebun dengan satwa tersebut tanpa ada permasalahan apapun. "LSM asing itu seharusnya berdialog dengan kami. Bukan malah teriak-teriak  yang tidak benar di luar sana," katanya.

Edward melanjutkan, kehadiran LSM asing dan kampanye-kampanye bohong yang dilakukan justru telah memprovokasi masyarakat. Padahal mereka tidak memberi kontribusi aapun kepada orangutan yang ada di Simarboru. "Kami sejak dulu memberi makan orangutan dari hasil kebun. Kami akan terus hidup berdampingan dan menjaga orangutan tanpa gangguan dari para orang dan LSM asing dengan kedok penelitian," tegas Edward.


Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Prabowo Diantara Megawati dan Puan

Prabowo Diantara Megawati dan Puan

RABU, 24 JULI 2019 , 15:31:00

Pelantikan Siswa SMAN 1 Plus Matauli

Pelantikan Siswa SMAN 1 Plus Matauli

RABU, 24 JULI 2019 , 17:41:00

Bintang Kejora Dijahit Belanda

Bintang Kejora Dijahit Belanda

SENIN, 02 SEPTEMBER 2019 , 09:02:00