Jangan Mau Disusupi Politik, Ayo Alumni UI Pakai Akal Sehat!

Politik  MINGGU, 25 AGUSTUS 2019 , 09:42:00 WIB

Jangan Mau Disusupi Politik, Ayo Alumni UI Pakai Akal Sehat!
. Pemilihan Ketua Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) dinilai sarat dengan kepentingan politik. Ini lantaran ada alumni dari unsur menteri yang ikut dalam kompetisi.

Ekonom senior, Faisal Basri yang juga alumni UI dari Fakultas Ekonomi bahkan merasa muak dengan pemilihan ketua Iluni UI tersebut. Dia meminta agar menteri yang masih aktif tidak ikut-ikutan pemilihan ini

Baginya keikutsertaan menteri tersebut tidak lepas dari kepentingan istana dalam mencampuri urusan alumni UI.

Jangan mau alumni disusupi politik. Menteri tak usah ikutanlah, seperti kurang kerjaan," ungkap Faisal dalam akun Twitter pribadinya, Sabtu (24/8) malam.

"Ayo, alumni UI pakai akal sehat dan nurani," sambungnya dengan unggahan terpisah dalam kolom komentar.

Faisal memprediksi bakal ada upaya khusus dari segi birokrasi kampus UI untuk memenangkan salah satu calon ketum yang diusung istana. Kondisi semacam ini bakal membuat nilai-nilai intelektual yang diusung alumni UI bakal memudar. 

"Alat-alat kekuasaan pun dikerahkan. Mau apa? Birokrasi kampus ikut-ikutann, sudah terkikis nilai-nilai intelektual?" sambungnya. 

Selain itu, intelektual muda UI Hidayat Matnoer menyampaikan keluhan yang sama, ia menyebut banyak kejanggalan yang terjadi dalam pemilihan ketua Iluni UI tersebut.

"Dari mulai setoran uang yang terbilang fantastis sebesar Rp 100 juta, hingga tetek bengek lainnya yang terkesan mengada-ada, yang pada akhirnya, pendiskualifikasian pencalonan saya sebagai kandidat ketua Iluni UI," tuturnya melalui keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (24/8).

Menurutnya, pesta demokrasi yang digelar seharusnya riang gembira, penuh idealisme, dan kekeluargaan. Tapi yang terjadi justru berubah menjadi sarat muatan politis dan bebau parfum istana.

Selain itu, Hidayat juga menyebut hal ini berdampak pada mundurnya salah satu calon ketua dari Fakultas Teknik UI Rudy 'Bun' Salahuddin.

"Hingga akhirnya, hari ini (Sabtu,4/8) semakin terbuka dan terbukti. Dengan mundurnya salah satu calon kuat lain yang berasal dari Fakultas Teknik yang terkenal solid dan militan," ujarnya.[top]

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Prabowo Diantara Megawati dan Puan

Prabowo Diantara Megawati dan Puan

RABU, 24 JULI 2019 , 15:31:00

Pelantikan Siswa SMAN 1 Plus Matauli

Pelantikan Siswa SMAN 1 Plus Matauli

RABU, 24 JULI 2019 , 17:41:00

Bintang Kejora Dijahit Belanda

Bintang Kejora Dijahit Belanda

SENIN, 02 SEPTEMBER 2019 , 09:02:00