Polemik Wisata Halal, Politisi PKS: Ini Akibat Gubernur Terlalu Cepat

Politik  SELASA, 03 SEPTEMBER 2019 , 13:43:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Polemik Wisata Halal, Politisi PKS: Ini Akibat Gubernur Terlalu Cepat

Ikrimah Hamidy/RMOLSumut

Anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Sumut, Ikrimah Hamidy sangat menyayangkan munculnya pernyataan dari Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi tentang konsep wisata halal yang memicu polemik ditengah masyarakat. Polemik ini menurutnya tidak perlu terjadi seandainya gubernur tidak terlalu cepat mengeluarkan statemen yang menurutnya juga belum ada pembahasan secara detail lintas stakeholder yang menangani pariwisata di Danau Toba.

"Yang sering saya kritik, kadang pak Gubernur terlalu cepat menyampaikan sesuatuy tanpa dibangun konsepnya berdasarkan kajian, sehingga membuat polemik ditengah masyarakat. Seolah ketika bicara mengenai wisata halal, itu mau mengislamisasi daerah itu, ini yang memicu ketersinggungan," katanya, Selasa (3/9/019).

Ikrimah menjelaskan, pada negara-negara maju, konsep wisata halal merupakan hal yang biasa. Konsep ini dapat dilihat seperti di negara Jepang, Korea, Cina dan beberapa negara lain yang memang menjadikan sektor wisata sebagai salah sumber pendapatan utama. Disana mereka menerapkan konsep ini karena melihat peluang ekonomi besar dengan menyesuaikan fasilitas dengan kebutuhan wisatawan yang datang termasuk wisatawan dari negara mayoritas Islam.

"Artinya mereka sudah memahami konsep itu dikaji dari sisi ekonomis," ujarnya.

Nah untuk di Danau Toba, konsep seperti itu menurutnya juga harus melalui kajian. Seharusnya Edy Rahmayadi menurut Ikrimah harus terlebih dahulu membicarakannya dengan para stakeholder yang ada di Danau Toba seperti Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) dan pemerintah kabupaten yang ada diseputar Danau Toba.


Komentar Pembaca
Generasi Golkar Kehilangan Sentuhan Soeharto

Generasi Golkar Kehilangan Sentuhan Soeharto

MINGGU, 22 SEPTEMBER 2019 , 21:46:52

Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

Bintang Kejora Dijahit Belanda

Bintang Kejora Dijahit Belanda

SENIN, 02 SEPTEMBER 2019 , 09:02:00

Bobby Nasution Dan Sutrisno Pangaribuan

Bobby Nasution Dan Sutrisno Pangaribuan

MINGGU, 28 JULI 2019 , 15:14:00

Turun Jumpai Buruh

Turun Jumpai Buruh

RABU, 28 AGUSTUS 2019 , 09:31:00