Wagub Musa Rajekshah Dapat Gelar 'Sutan Rajo Rangkayo Basa'

Ragam  RABU, 11 SEPTEMBER 2019 , 14:04:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Wagub Musa Rajekshah Dapat Gelar 'Sutan Rajo Rangkayo Basa'

Foto/RMOLSumut

Ninik Mamak Nan Gadang Basa Batuah Majelis, Pemangku Adat Ranah Nagari Nata resmi mengangkat Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah sebagai Ninik Mamak Nan Gadang dengan gelar Sutan Rajo Rangkayo Basa, di Lapangan Merdeka Kecamatan Natal, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Selasa (10/9). Gelar ini diberikan karena Wagub Musa Rajekshah dinilai berjasa bagi masyarakat Natal.

Pemberian gelar adat ini sekaligus dalam rangkaian acara Tabligh Akbar Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H bersama Ustaz Abdul Somad (UAS). Suasana pemberian gelar berlangsung khidmat dan disaksikan ribuan masyarakat Natal.

Musa Rajekshah yang akrab dipanggil Ijeck berpakaian adat Natal, berjalan diiringi para pemangku adat dan menaiki singasana yang sudah tersedia. Upacara dimulai dengan acara tepung tawar yang dilakukan para pemangku adat, alim ulama dan dilanjutkan dengan upah-upah.

Dikatakan Misdar yang begelar Datuk Ketek Sati Batuah, Ketua Lembaga Adat Kecamatan Natal, pemberian gelar kepada Ijeck adalah sebagai bentuk penghormatan atas kehadiran Wagub di Kecamatan Natal. "Jadi dari kesepakatan seluruh suku yang ada di Natal, melalui musyawarah lembaga akhirnya kita beri gelar Sutan Rajo Rangkayo Basa kepada Bapak Wakil Gubernur Sumatera Utara," ujar Misdar.

Arti dari gelar ‘Sutan Rajo Rangkayo Basa’, dijelaskan Misdar, sebagai tempat masyarakat untuk bersandar atau tempat berteduh. "Sebagai definisi dari Sutan Rajo Rangkayo Basa sesuai yang tadi, Batang Kayo Badaun Rimbun yang artinya sebagai tempat kita bersandar, tempat berteduh, bila hujan panas, tempat bersila, khususnya bagi masyarakat," ujar Misdar.


Komentar Pembaca
Generasi Golkar Kehilangan Sentuhan Soeharto

Generasi Golkar Kehilangan Sentuhan Soeharto

MINGGU, 22 SEPTEMBER 2019 , 21:46:52

Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

Bintang Kejora Dijahit Belanda

Bintang Kejora Dijahit Belanda

SENIN, 02 SEPTEMBER 2019 , 09:02:00

Bobby Nasution Dan Sutrisno Pangaribuan

Bobby Nasution Dan Sutrisno Pangaribuan

MINGGU, 28 JULI 2019 , 15:14:00

Turun Jumpai Buruh

Turun Jumpai Buruh

RABU, 28 AGUSTUS 2019 , 09:31:00