Mahasiswa Ibarat Pemadam Kebakaran, Presiden Bisa Terbitkan Perppu KPK

OPINI  RABU, 02 OKTOBER 2019 , 09:56:00 WIB

Mahasiswa Ibarat Pemadam Kebakaran, Presiden Bisa Terbitkan Perppu KPK

Aksi mahasiswa di depan gedung DPR/RMOL

AKSI Mahasiswa menarik perhatian saya untuk melakukan survei kualitatif dengan teknik wawancara mendalam (In Depth Interview). Responden adalah 50 mahasiswa di Jakarta, berusia 17 -24 tahun (milenial), yaitu mahasiswa saya sendiri 10 orang di kampus dan 40 mahasiwa dari berbagai universitas negeri & swasta yang sengaja (purposif) ditemui saat dan pascademo antara tanggal 23-25 September kemarin.

Fokus pertanyaan adalah soal pandangan dan perspektif mereka dalam melakukan aksi demonstrasi. Berikut lima kesimpulan singkat sementara dari 'in depth interview' dengan responden, sebagai berikut:

1. Aksi mahasiswa murni aspirasi dan kesadaran mereka sendiri sebagai milenial of social change dalam melihat persoalan bangsa terkini, bukan dorongan siapapun --termasuk rektor atau dosen dari kampusnya.

Jadi, imbauan Meristekdikti akan memberi sanksi kepada rektor atau dosen yang dianggap mendorong mahasiswa turun ke jalan tidak efektif, malah dikuatirkan memicu demonstrasi mahasiswa lebih masif lagi. Dialog atau ngopi bareng lebih pas dalam menghadapi mahasiswa, ketimbang jalur struktural --represif. Sama seperti orang tua menghadapi anaknya sendiri di rumah.

2. Tujuan dan tuntutan aksi mahasiswa adalah menganulir pengesahan UU KPK, bukan kekuasaan (presiden). Tentu presiden bisa membatalkannya dengan mengeluarkan Perppu. Penyakit korupsi seharusnya lebih giat diberantas sesuai janji presiden, bukan sebaliknya. Di luar hal ini, itu bukanlah aspirasi dari aksi mahasiswa saat ini.


Komentar Pembaca
Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 14:25:41

Densus 88 Amankan Terduga Teroris di Gunungpati Semarang
Walikota Medan Terjaring OTT KPK

Walikota Medan Terjaring OTT KPK

RABU, 16 OKTOBER 2019 , 11:36:34

Bintang Kejora Dijahit Belanda

Bintang Kejora Dijahit Belanda

SENIN, 02 SEPTEMBER 2019 , 09:02:00

Turun Jumpai Buruh

Turun Jumpai Buruh

RABU, 28 AGUSTUS 2019 , 09:31:00

Bobby Nasution-Bobby Zulkarnain

Bobby Nasution-Bobby Zulkarnain

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 19:47:00