IMT-GT Buka Peluang Kerja Sama, Pemda Se-Sumut Harus Jeli

Ekonomi  SABTU, 05 OKTOBER 2019 , 15:13:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

IMT-GT Buka Peluang Kerja Sama, Pemda Se-Sumut Harus Jeli

Foto/RMOLSumut

Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) atau Segitiga Pertumbuhan Indonesiaā€"Malaysiaā€"Thailand akan membuka peluang kerja sama yang saling menguntungkan semua pihak. Karena itu, diminta kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dan kabupaten/kota untuk menindaklanjutinya.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi pada acara Sosialisasi Peningkatan Peran Provinsi Sumatera Utara Dalam Pelaksanaan Kerja Sama IMT-GT, di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur, Jalan Pengaran Diponegoro, Nomor 30, Medan, Jumat (4/10).

Hadir di antaranya Direktur Centre for Indonesia-Malaysia-Thailand Sub Regional Cooperation-Growth Triangle (CIMT-GT) Firdaus Dahlan, Sekdaprov Sumut Sabrina, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumut Sjahrian Harahap, sejumlah pimpinan OPD Pemprov, perwakilan Pemkab/Pemko serta akademisi.

"Dengan adanya kerja sama seperti ini, akan banyak yang bisa kita bangun. Jadi kalau ada di Malaysia atau di Thailand, kenapa kita harus pergi ke yang lain. Begitu juga dengan kita di sini, kalau ada di Sumut, untuk apa diambil dari luar," ujar Gubernur.

Untuk itu, lanjut Gubernur, adanya IMT-GT ini menjadi potensi menyejahterakan masyarakat melalui pembangunan bersama antara masing-masing negara. Sehingga perlu adanya tindak lanjut nyata. "Seperti di Karo, penghasil sayuran. Ada di sana sayur kol, yang diminati orang Malaysia. Jadi sudah dikontrak dia. Tetapi syaratnya harus organik, tak boleh pakai pupuk dan pestisida kimia," sebut Edy Rahmayadi.


Komentar Pembaca
Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 14:25:41

Densus 88 Amankan Terduga Teroris di Gunungpati Semarang
Walikota Medan Terjaring OTT KPK

Walikota Medan Terjaring OTT KPK

RABU, 16 OKTOBER 2019 , 11:36:34

Bintang Kejora Dijahit Belanda

Bintang Kejora Dijahit Belanda

SENIN, 02 SEPTEMBER 2019 , 09:02:00

Turun Jumpai Buruh

Turun Jumpai Buruh

RABU, 28 AGUSTUS 2019 , 09:31:00

Bobby Nasution-Bobby Zulkarnain

Bobby Nasution-Bobby Zulkarnain

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 19:47:00