Islamisasi Ilmu Pengetahuan Seminar Nasional Kerjasama UISU dan IIIT

Pendidikan  MINGGU, 06 OKTOBER 2019 , 12:06:00 WIB

Islamisasi Ilmu Pengetahuan Seminar Nasional Kerjasama UISU dan IIIT

Foto/RMOLSumut

Sistem pendidikan serta keilmuan yang lahir dari Barat tidak bisa mengantarkan seseorang kepada tujuan pendidikan yang diinginkan. Meskipun tidak semuanya, banyak isi disiplin ilmu-ilmu Barat sekuler bahkan bertentangan dengan prinsip aqidah Islam. Inilah salah satu alasan kenapa Islamisasi ilmu pengetahuan sangat perlu. Harapannya melalui ilmu yang diajarkan peserta didik bisa lebih dekat dengan Allah.
 
Hal itu disampaikan, Dr Nirwan Syafrin Manurung, Dosen Pascasarjana UIKA Bogor/Peneliti Instue Thought and Civilization saat menjadi pemateri dalam kegiatan seminar nasional kerjasama UISU dengan International Institute of Islamic Thought (IIIT) Indonesia di Auditorium UISU Jalan SM Raja Medan kemarin (5/10).
 
Seminar yang dibuka Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP dihadiri Ketua Umum Yayasan Prof Dr. Ismet Danial Nasution, Wakil Rektor, dan ratusan peserta dari berbagai perguruan tinggi dan unsur perbankan.
 
Seminar dengan tema Ekonomi Digital dalam Perspektif Islam itu juga menghadirkan pembicara lain seperti, Hendri Tanjung, PhD dari Universitas Ibnu Kaldun dengan topik Ekonomi Digital dalam Perspektif Islam. Dr Hafas Furqani MEc, dari UIN Ar Raniry, dengan topik, Developing Islam Ekonomic As a Body of Knowledge: Foundations and Methodology.
 
Masih menurut Nirwan Syafrin, pembeda utama epistimologi Islam dengan epistimologi Barat terletak pada penempatan wahyu sebagai sumber ilmu pengetahuan. Epistimologi islam menekankan fungsi dan validitas wahyu sebagai sumber ilmu pengetahuan. Bahkan bagi islam wahyu adalah pijakan pertama dan utama epistimologi islam.
 

Komentar Pembaca
Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

Prabowo Cocok Jadi Wantimpres

KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 14:25:41

Densus 88 Amankan Terduga Teroris di Gunungpati Semarang
Walikota Medan Terjaring OTT KPK

Walikota Medan Terjaring OTT KPK

RABU, 16 OKTOBER 2019 , 11:36:34

Bintang Kejora Dijahit Belanda

Bintang Kejora Dijahit Belanda

SENIN, 02 SEPTEMBER 2019 , 09:02:00

Turun Jumpai Buruh

Turun Jumpai Buruh

RABU, 28 AGUSTUS 2019 , 09:31:00

Bobby Nasution-Bobby Zulkarnain

Bobby Nasution-Bobby Zulkarnain

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 19:47:00